Kini telah hadir sebuah Taman Nusa yang memperkenalkan berbagai macam jenis kebudayaan di seluruhNusantara Indonesia. Taman Nusa adalah pusat pelestarian budaya dan alam Indonesia yang penuh perbedaan adat istiadat yang sebelumnya belum diketahui oleh sebagian banyak masyarakat tentunya Taman Nusa akan memberikan sebuah informasi atau pengetahuan yang menyeluruh tentang budaya dan berbagai kelompok etnic, adat istiadat di Indonesia. Pemandangan alam pegunungan Gianyar di Bali berpadu dengan arsitektur Indonesia, membentuk alam surgawi yang mengagumkan. Setiap budaya disajikan dalam ruang arsitektur yang berciri sehingga pengunjung akan memperoleh pengetahuan dasar dari galeri yang memamerkan bahan dan gambaran tiap kelompok etnis, termasuk kehidupan flora dan fauna dari wilayah tertentu.

Taman Nusa terletak di Gianyar, bagian tenggara Bali, tepatnya di desa Sidan, 45 menit dari Bandara Ngurah Rai dan Kuta. Di atas tanah seluas 15 hektar, Taman Nusa dengan bangunan lebih dari 20.000 meter persegi terdiri atas sebuah serambi utama dan gugusan bangunan kebudayaan berpengaruh dan berarsitektur unik. Pavilyun-pavilyun menjelmakan arsitektur tradisional Indonesia sesuai dengan kekhasan tiap kelompok etnis, dan auditorium digunakan untuk pertunjukan adat seperti teater dan tarian. Kompleks Taman Nusa termasuk resort tradisional, hotel dan museum memamerkan pusaka Indonesia seperti : keris, wayang, batik dan tenunan. Perpustakaan berisi pengetahuan seni, upacara ritus, kain, dan hiasan. Ruang pelatihan disediakan untuk para pengunjung yang ingin mempelajari tataolah pembuatan hasil benda budaya, dan fasilitas pendukung lain berupa ruang pertunjukan, restoran dan café.

Fasilitas Taman Nusa :

Adapun fasilitas yang terdapat di Taman Nusa terdiri dari beberapa kawasan seperti :

  • Kampung Budaya 
    Perkampungan budaya kelompok etnis Indonesia, dimana pengunjung berkesempatan melintasi waktu kembali ke masa megalitikum yang kaya akan seni, budaya dan tradisi.
  • Paviliun Indonesia 
    Kawasan Paviliun yang terdiri dari 100 warisan rumah adat daerah dari seluruh Indonesia, yang dipadu serasi dengan taman tropical.
  • Museum Budaya 
    Kawasan museum warisan budaya, seperti: keris, wayang,  batik dan tenunan yang disajikan secara lengkap dengan: proses pembuatan, tradisi dan menawarkan program  latihan kepada pengunjung.
  • Gallery Sejarah 
    Menampilkan hubungan manusia dan lingkungan, masa prasejarah Indonesia, Austronesia, arts dan ritual.
  • Flora dan Fauna Indonesia 
    Taman kupu-kupu, taman tanaman obat tradisional dan hutan mini tanaman langka Indonesia.
  • Auditorium 
    Fasilitas untuk kegiatan seni, budaya dan pameran.
  • Miniatur Kereta Api
    Miniatur kereta api skala HO (1:87) yang menyajikan panorama alam dan budaya daerah dari seluruh Indonesia. Miniatur ini dilengkapi dengan lebih dari 50 lokomotif serta 300 gerbong barang dan gerbong penumpang.
  • Fasilitas lainnya
    Café & Restaurant, fasilitas umum dan sarana penunjang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here