Banyuwangi, kota yang terletak di ujung Selatan pulau Jawa ini memang mempunyai daya tarik tersendiri, selain terkenal dengan beberapa destinasi wisata yang menawan, Banyuwangi juga memiliki daya tarik tersendiri dari segi tradisi dan kulinernya.

Dalam segi tradisi Banyuwangi memilki tradisi yang sangat unik seperti kebo-keboan, BEC

(Banyuwangi Ethno Carnival) dan Seblang, jika dalam hal kuliner Banyuwangi juga mempunyai  banyak variasi masakan khas yang tentunya bisa menggetarkan  lidah anda,

Sego Tempong, ya itulah salah satu masakan khas Banyuwangi, nama Sego Tempong sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Nasi Tampar, kenapa tampar? Karena menu masakan Sego Tempong menggunakan sambal yang pedas, jadi rasanya seperti ditampar setelah anda memakan menu Sego Tempong ini karena rasa pedasnya.

Sebenarnya Sego Tempong sendiri adalah masakan sederhana yang biasa dimakan kebanyakan orang hususnya di wilayah Banyuwangi, konon sejarahnya di jaman dulu Sego Tempong ini adalah bekal bagi para petani yang bekerja di sawah, karena pada umumnya para petani yang bekerja di sawah atau ladang mereka tidak akan pulang jika waktu belum sore, maka dari itu setiap bekerja di sawah atau ladang mereka membawa bekal Sego Tempong ini, tapi entah dari mana awal mulanya Sego tempong yang dulunya hanya dijadikan bekal para petani jika ke sawah, sekarang menjadi sangat hits sekarang ini dan naik tahta singgasana yang awalnya hanya bekal para petani sekarang menjadi makanan yang dikonsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan, nilai plusnya  sekarang sudah banyak tempat-tempat kuliner juga menyediakan menu Sego Tempong.

 

Karena memang sedari awal Sego Tempong adalah makanan biasa jadi menu Nasi Tempong memang sederhana, hanya terdiri dari sepiring nasi putih panas, kuluban (sayur rebus) dengan lauk tahu goreng, tempe goreng, dadar jagung dan yang tidak mungkin ketinggalan ikan asin, dan dilengkapi dengan sambal pedas yang tebuat dari bahan-bahan mentah. Kenapa sambal mentah? Karena memang keistimewaan  Sego Tempong terletak pada sambal mentah tersebut

Kuluban (sayur rebus) yang digunakan sebenarnya banyak variasinya antara lain genjer, kacang panjang, terong, kubis, bayam, kangkung, selada air, daun pepaya, daun singkong dan yang mentah kemangi dan mentimun. Sambal pada Sego Tempong ini sebenarnya hampir sama dengan racikan sambal pada umumnya seperti cabe rawit, tomat, gula, garam, terasi, dan jeruk limau Cuma bedanya sambal Sego tempong disajikan dalam keadaan mentah, dan yang membedakannya lagi adalah tomatnya, karena tomat yang digunakan untuk membuat sambal Sego Tempong ini bukan tomat yang seperti biasanya, tomat yang digunakan adalah jenis tomat ranti, tomat yang permukaannya bergelombang, bagi orang Banyuwangi tomat ranti adalah tomat sayur kalau tomat yang pada umunya yang mempunyai permukaan yang halus disebut tomat buah, perbedaan tomat ranti ini dengan tomat pada umunya adalah tomat ranti memiliki kulit yang lebih tipis, bijinya lebih banyak dan kanduangn airnya juga lebih banyak dari tomat pada umumnya, dan kenapa harus menggunakan tomat ranti? Karena tomat ranti ini jika digunakan untuk membuat sambal mentah tidak “lengur” (bahasa Jawa), jadi sudah penggunaan tomat ranti dalam pembuat sambal Sego Tempong memang sebuah keharusan tersendiri.

 

Kalau membicarakan penjual  yang meyajikan Sego Tempong sebenarnya sudah banyak yang menjual menu yang satu ini di Banyuwangi, dan bisa dibilang bisa ditemukan dimana saja di wilayah Banyuwangi, disini ada  beberapa rekomendasi dimana anda bisa menikmati Sego Tempong yang terkenal sangat maknyuzzz kelezatannya.

  1. Warung Nasi Tempong Sukowidi milik Mbak Sum, lokasinya tidak jauh dari lampu merah Sukowidi tepatnya di selatan Bank BRI Sukowidi
  2. Warung Buk Nah, lokasinya di daerah Kertosari
  3. Nasi Tempong Mbak Nah, lokasinya di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi
  4. Warung Nasi Tempong milik Holisa, lokasinya di jalan Thamrin Banyuwangi
  5. Nasi Tempong Mak Wah, lokasinya dekat stasiun Karangasem banyuwangi
  6. Nasi Tempong Bu Sulik, lokasinya di dekat lampu merah Genteng Wetan
  7. Nasi Tempong Bu Ham, lokasinya di desa Padang, Singojuruh
  8. Nasi Tempong Mbak Har, lokasinya di jalan raya Benculuk
  9. Warung Nasi Tempong Mbok Titin, lokasinya di Jl. Gatot Subroto Ketapang, Banyuwangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here