Salah satu hal yang membuat Anda akan semakin tertarik untuk pergi berwisata ke Tana Toraja Sulawesi Selatan adalah banyaknya keragaman budaya adat istiadat unik yang ada di daerah tersebut. Banyak destinasi objek wisata menarik yang patut dikunjungi namun membuat kita beradu nyali .Kenapa bisa seperti itu ? Karena nama tempat wisatanya adalah  kuburan bayi dalam pohon. Masyarakat Toraja memang memiliki keunikan adat yang menjadi keyakinan para penduduk di sana.


Masyarakat Tana Toraja memang memiliki keyakinan Aluk Todolo (keyakinan terhadap leluhur) menguburkan bayi pada sebuah pohon. Bila Anda melihat masyarakat Toraja menguburkan mayat di gua, batu, atau tebing, maka lain lagi untuk penguburan bayi.

Salah satu kuburan bayi ini dapat ditemukan di Kambira, Kabupaten Tana Toraja.
Kuburan tersebut berupa pohon berusia ratusan tahun yang menjulang tak begitu tinggi dengan banyak kotak di bagian batangnya yang ditutupi gumpalan ijuk tertata rapi pada tiap-tiap kotaknya. Kotak-kotak bertutupkan ijuk tersebut tidak lain dan tidak bukan merupakan kuburan bayi.


Pohon yang dijadikan kuburan bayi itu adalah pohon bernama pohon taraa. Pohon tersebut dijadikan tempat penguburan bayi bukan karena tanpa alasan. Hal ini disebabkan pohon jenis ini ternyata memiliki kuantitasi volume getah banyak. Masyarakat Toraja menganggap getah tersebut sebagai pengganti ASI bagi mayat bayi yang dikuburkan di situ.  Bayi tersebut dianggap kembali ke rahim ibu mereka.

Bayi yang dikuburkan di dalam pohon ini bersyarat usia 6 bulan, belum tumbuh gigi susu, masih menyusu, dan belum bisa berjalan. Bayi tersebut dianggap bayi yang masih suci dan akan terjaga oleh pohon taraa tersebut. Cara menguburnya juga unik, batang pohon taraa dilubangi dengan diameter seukuran bayi kemudian mayat bayi dimasukkan tanpa diberi helaian kain sama sekali.

Lalu ditutuplah dengan tatanan ijuk yang rapi pada lubang tersebut. Menariknya, kuburan bayi tersebut tidak mengeluarkan bau busuk. Hanya ada desiran bau pohon bambu yang ada di sekitar pohon taraa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here